Thursday, May 29, 2014

Pentingnya Menguasai SEO Bagi Wirausaha

SEO (Search Engine Optimization) atau kalau diartikan kira-kira adalah Optimasi pada mesin pencari. SEO untuk Wirausaha dan Pemilik Bisnis ini sangat berguna ibaratnya vitamin atau nitrisi untuk kesehatan website kita. Karena itu berilah Nutrisi SEO untuk website bisnis anda.
SEO adalah sebuah prosedur yang harus dilakukan agar sebuah situs web dapat ter-index secara optimal di mesin pencari, pada umumnya mesin pencari yang digunakan sebagai referensi adalah Google.

Yang dimaksud dengan ter-index secara optimal adalah apabila situs web yang kita optimasi mampu menempati posisi teratas untuk kata kunci yang kita targetkan. Sebuah situs yang menempati posisi teratas pada kata kunci tertentu yang banyak dicari orang, otomatis akan mendapatkan Keuntungan besar dari peningkatan jumlah pengunjung karena posisinya adalah paling utama direkomendasikan oleh mesin pencari tersebut pada halaman hasil pencarian atau SERP (search Engine Result Page).

Itulah pentingnya SEO bagi pemilik situs agar produk atau jasa yang ditampilkan di halaman situsnya banyak dilihat dan dikunjungi orang. Dengan semakin banyak pengunjung maka website anda akan semakin populer, memiliki website yang populer akan semakin mudah untuk mengarahkan pengunjung untuk membeli produk anda.

Kegiatan SEO ini menjadi suatu seni yang menarik, karena tiap pemilik situs atau jasa pengembang situs saling berlomba untuk menempatkan situsnya menjadi yang teratas dengan menerapkan teknik dan strategi SEO masing-masing. Yang menjadi unik adalah bahwa tidak ada satupun teknik atau rumus yang baku untuk menjadikan sebuah situs web selalu bisa bersahabat dengan mesin pencari atau istilahnya “SEO Friendly”. Hal ini karena dalam menentukan rangking SERP mesin pencari telah memiliki aturan, algoritma dan kebijakan sendiri. Berdasarkan itulah, pembuat website harus bersaing dengan kompetitor agar dapat memenuhi kriteria dan aturan yang telah ditentukan sebaik mungkin dan memenangkan persaingan.

“SEO Friendly” menjadi sebuah unsur penting dalam pengelolaan website, bagaimana membuat dan mengolah website yang bersahabat dengan mesin pencari? Berikut adalah beberapa tips SEO yang dapat diterapkan untuk pemilik bisnis dan wirausaha:

Update konten secara berkala
Jangan pernah berpikir bahwa setelah selesai membuat website tugas anda telah selesai, lalu duduk dan menunggu orang berbondong-bondong mengunjungi website anda. Sebaliknya justru tugas baru harus segera dimulai, yaitu; Mengelola website.
Update-lah website anda dengan info-info atau artikel baru yang berkaitan dengan topik anda secara berkala, karena setiap kali ada sesuatu yang baru search engine akan mencatat dan memasukkan dalam index-nya. Buat artikel yang menarik, judul yang membuat orang penasaran untuk membaca dan tulis kata kunci yang spesifik yang sesuai dengan topik website pada bodi artikel.

Aktif di Media Sosial dan Forum
Media sosial adalah sarana yang tepat untuk menunjang kegiatan marketing anda, lengkapi dan perluas market anda dengan menjaring sebanyak mungkin member atau follower, semakin banyak yang menjadi pengikut maka akan membuat sirkulasi informasi anda makin tersebar luas. Gunakan nama atau sebutan yang sama di media sosial yang langsung mereferensikan nama website atau produk anda. Tiap situs media sosial memiliki fitur yang dapat langsung terhubung dengan website anda. Manfaatkan fitur otomatisasi yang ada di tiap situs tersebut sehingga tiap kali anda update website maka akan otomatis langsung tersebar di situs media sosial. Aktif berpartisipasi di forum juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengunjung, misalnya dengan memberi signature website pada tiap postingan dan  dengan promosi membuat thread khusus pada forum jual beli.

Lengkapi website dengan Blog
Halaman blog fungsinya bukan untuk langsung menjual produk tapi bisa diisi dengan artikel-artikel yang bermanfaat untuk pengunjung. Misalnya anda ber-wirausaha Peluang Usaha Beternak Kelinci, blog anda dapat diisi dengan membahas peluang budidaya kelinci, mengulas analisa bisnisnya, panduan pemeliharaan dll.
Dalam tiap artikelnya beri link khusus pada kata atau keyword untuk menuju ke halaman penjualan, hal ini akan mendukung optimasi yang anda lakukan pada website.

Mencari Backlink
Dalam menentukan SERP, search engine juga menghitung berapa banyak backlink dari situs lain yang mengarah ke website anda. Backlink adalah rekomendasi yang diberikan pemilik web lain kepada website anda dengan menempatkan link situs anda di websitenya, Backlink yang berkualitas adalah yang telah memiliki Pagerank (PR) diatas anda.

Banyak cara mendapatkan Backlink, beberapa diantaranya adalah:

1. Direkomendasikan oleh web lain.
Bila artikel atau web anda benar-benar bermanfaat, mungkin anda beruntung ada web lain yang kemudian berinisiatif merekomendasikan untuk visitornya.

2. Daftarkan di Direktori Bisnis.
Anda dapat juga mendapatkan backlink dengan mendaftarkannya di situs-situs Direktori Bisnis, carilah situs direktori yang berkualitas dan masukkan website anda di kategori yang tepat.

3. Menulis di Direktori Artikel.
Anda dapat menulis artikel di Direktori Artikel untuk mendapatkan backlink caranya adalah dengan memberi link tautan yang mengarah ke website anda pada bodi artikel. Pilih direktori artikel yang memiliki aturan ‘Dofollow’, masukkan artikel pada kategori yang sesuai dan cocok dengan misi website anda. Gunakan search engine untuk mencari sumber direktori yang berkualitas tersebut. (bn)

No comments:

Post a Comment