Thursday, May 29, 2014

Lima Kiat Penting Memulai Usaha Franchise

Saat ini banyak sekali penawaran usaha franchise dari yang membutuhkan dana investasi jutaan sampai ratusan juta. Namun, sebaiknya tidak hanya dana investasi yang dipertimbangkan, tetapi juga kecocokan usaha franchise dengan pemahaman dan pengalaman yang Ibu miliki, sehingga kita bisa mengembangkan franchise tersebut dengan keunikan yang bisa menjadi nilai tambah bagi usaha bagi kita.

Jika memang Anda tidak mau repot-repot memulai sebuah usaha dari bawah, maka mengembangkan usaha franchise bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena dalam usaha franchise sudah dipersiapkan sedemikian rupa dengan segala prosedur dan kelengkapan bisnis untuk bisa dijalankan langsung oleh franchisee.

Namun demikian untuk memilih franchise, ada hal-hal yang perlu mendapat perhatian antara lain :

1. Sebaiknya sudah stabil dan berjalan di atas lima tahun.
2. Kekuatan merk franchise di pasar.
3. Sistem atau prosedur untuk menjalankan bisnis franchise
4. Pelatihan dan support dari franchisor.
5. Fee yang dibebankan oleh franchisor

Selain itu, kita sebaiknya memilih bisnis franchise yang telah dikenal oleh publik sehingga lebih mudah dalam mendalami pengetahuan akan produk yang dijual. Dan jangan lupa rutin melakukan evaluasi, jika ternyata bisnis franchise yang Anda miliki tidak serta merta menduplikasi kesuksesan dari bisnis yang dikelola franchisor. (bn)

No comments:

Post a Comment